Like Us

PENYAKIT YANG TERGOLONG PENYAKIT MEMATIKAN ADALAH HIPERTENSI


Menurut ilmu kedokteran, seseorang yang menderita hipertensi atau darah tinggi, biasanya terjadi pada orang yang memiliki tekanan darah 140/90 mmHg keatas jika diukur menggunakan alat pengukur tekanan darah. Sampai saat ini penyebab hipertensi belum diketahui  dengan pasti. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi  terjadinya hipertensi diantaranya adalah faktor genetika atau keturunan, faktor bertambahnya usia pada seseorang, faktor stress karena masalah yang ada di lingkungan, kelebihan berat badan atau obesitas, asupan garam yang berlebihan, gaya hidup yang kurang sehat, karena pengaruh obat-obatan atau dikarenakan berbagai macam penyakit lainnya.

Hipertensi adalah salah satu penyakit mematikan yang dapat mengakibatkan komplikasi penyakit lainnya seperti stroke, serangan jantung, dan gangguan pada ginjal. Agar terhhindar dari penyakit hipertensi, kita dapat mencegahnya dengan cara menghindari beberapa faktor yang dapat memicu penyakit ini. Faktor- faktor pemicu hipertensi antara lain adalah : 

Konsumsi Garam Berlebihan 

Pada umumnya, garam terdapat pada makanan yang diproses dengan cara diawetkan seperti ikan asin, cumi kering atau cemilan asin lainnya. Jumlah garam yang masuk kedalam tubuh apabila terlalu banyak, maka akan mempengaruhi tekanan darah tinggi. Untuk penderita darah tinggi atau hipertensi, dapat selalu mengkonsumsi garam beryodium dengan jumlah tidak lebih dari 1 sendok perharinya. Apabila hal ini dilakukan maka akan memberikan efek pada penurunan tekanan darah. Selain itu, dengan banyak mengonsumsi 2-3 gelas susu skim atau 115 gram keju rendah natrium juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium yang dapat mencegah atau mengobati penyakit hipertensi.  

Stress

Stress dapat memicu seseorang mengalami hipertensi. Agar kita terhindar dari hipertensi, berusahalah untuk menghindari setres dengan cara  rutin melakukan ibadah, melakukan kegiatan fisik seperti berolahraga, berkumpul bersama keluarga di akhir pekan atau melakukan aktifitas relaksasi lainnya. 

Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan adalah salah satu faktor penyebab hipertensi. Kita dapat mengatasi kelebihan berat badan atau obesitas dengan cara diet rendah kolestrol namun tetap mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, seperti sayuran dan buah-buahan.  Puasa juga dapat dilakukan untuk meningkatkan daya imun tubuh dan juga mengurangi berat badan yang berlebihan. 

Gaya Hidup Yang Kurang Sehat 

Agar terhindar dari hipertensi, dianjurkan agar selalu memperbaiki  pola hidup sehat dengan cara melakukan olahraga rutin 30 sampai 45 menit sebanyak 3 atau 4 kali dalam seminggu. Selain itu, dianjurkan untuk menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan menghindari mengonsumsi minuman beralkohol. 

Makanan Yang Dapat Meningkatkan Tekanan Darah 

Kita juga diharuskan untuk selalu berhati hati dan jeli terhadap makanan-makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah. Beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah diantaranya adalah makanan berkadar lemak jenuh tinggi seperti jeroan, otak, minyak kelapa, santan dan makanan-makanan yang banyak mengandung garam.

Jika anda didiagnosa  terkena hipertensi, langkah awal yang paling penting dilakukan adalah menurunkan tekanan darah dengan mengikuti gaya hidup sehat dan mengonsumsi obat sesuai  dengan petunjuk dokter. 


EmoticonEmoticon