Like Us

Bukti Jika Minuman Bersoda Bisa Membuatmu Terkena Diabetes

Seperti yang kita ketahui, diabetes adalah penyakit serius yang perlu ditangani dengan cepat. Gejala gejala seorang yang terkena diabetes adalah sering buang air kecil dan polidipsia atau meningkatnya rasa haus pada seseorang sehingga berakibat meningkatnya asupan cairan. Gejala ini juga dapat berkembang dengan cepat dalam beberapa pekan, pada diabetes tipe 1 yang juga bisa menjangikiti anak-anak. 

Minuman bersoda adalah salah satu jenis minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi. Bila kadar gula atau glukosa dalam darah tinggi, melampaui ambang batas ginjal, maka dalam ginjal akan kembali terjadi penyerapan glukosa. Hal ini dapat meningkatkan produksi cairan urine atau air kencing, sehingga tubuh akan mengalami kehilangan cairan dalam jumlah yang banyak. Orang yang terkena diabetes biasanya juga akan cepat merasa haus.

Apabila seseorang yang sering meminum-minuman bersoda, dan merasa memiliki gejala sering haus, penurunan berat badan tiba-tiba, mati rasa/kesemutan atau yang lebih parahnya lagi terdapat luka pada tubuh yang tak kunjung sembuh, maka hal tersebut perlu diwaspadai! Bisa jadi itu adalah pertanda seseorang yang terkena diabetes.

Diabetes pada keadaan yang cukup parah, dapat menyebabkan penyakit komplikasi serius apabila tidak cepat ditangani. Bahaya penyakit komplikasi tersebut meliputi penyakit jantung, gagal ginjal kronis, kerusakan retina sehingga berdampak pada kebutaan, kerusakan syaraf dan kerusakan pembuluh darah yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

Perlu diketahui, jika minuman bersoda memiliki kandungan gula sekitar empat kali lipat gula dalam minuman manis lainnya. Orang yang sering meminum-minuman bersoda tentu juga akan meningkatkan resiko penyakit jantung, karena tingkatan kandungan natrium pada minuman bersoda beresiko memicu gagal jantung. 

Untuk itu bagi yang ingin agar tubuh terhindar dari diabetes, berusahalah untuk tidak sering meminum-minuman bersoda. Gantilah minuman bersoda dengan minuman sehat lainnya yang mengandung gula alami seperti juz buah atau mminuman lainnya yang tidak mengandung gula atau pemanis buatan. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.


EmoticonEmoticon