Like Us

BAHAYA STRES BISA MEMICU SERANGAN JANTUNG !


Menurut peneliti dan ahli kesehatan, stress dapat memicu pengeluaran hormon adrenalin dan zat ketekolamin di tubuh dalam jumlah yang tidak banyak. Katekolamin adalah hormon yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Apabila jumlah hormon katekomalin ini tinggi, maka akan menimbulkan penyempitan pembuluh darah jantung serta meningkatkan denyut jantung sehingga mengganggu suplai darah ke jantung.

Stres memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap system metabolisme di dalam tubuh karena akan menguras vitamin dan mineral di dalam tubuh. Seseorang yang mengalami Stres, akan merangsang pengeluran hormon adrenalin secara berlebihan, sementara untuk memperoduksi hormon tersebut dibutuhkan vitamin B, mineral, zinc, kalium dan kalsium.

Stres sendiri, dapat dipicu oleh berbagai macam faktor, diantaranya adalah faktor yang tentunya berkaitan dengan permasalahan hidup yang dialami oleh seseorang. Otak Seseorang yang mengalami stress, akan menerima perintah untuk meningkatkan hormon stres dan adrenalin sehingga hormon tersebut akan meningkat. Hal ini juga akan berpengaruh pada organ tubuh lainnya seperti  lever yang melepaskan banyak gula dan lemak di dalam darah untuk menambah bahan bakar tubuh, sehingga napas seseorang akan lebih cepat dan jumlah oksigen yang masuk akan bertambah. Tentu ini akan membuat kerja jantung semakin cepat, tekanan darah pun meningkat sehingga ini akan membawa dampak buruk bagi jantung dan berpotensi munculnya penyakit jantung.

Ada sebuah studi yang menemukan hubungan bahwa stres, permusuhan, marah dan mempunyai masalah dengan teman dapat membuat orang lebih beresiko terkena penyakit jantung. Kemungkinan terkena serangan jantung 34 persen. Dilaporkan juga, orang yang sering berkonflik dengan orang lain disekitarnya akan berpeluang lebih besar lagi terserang penyakit jantung.

Stres adalah reaksi tubuh yang didapat oleh seseorang jika mengalami kondisi yang tidak menyenangkan atau situasi buruk, misalnya mengalami tekanan berat baik fisik maupun sosial. Untuk mencegah stress bisa kita lakukan dengan memberikan rasa tenang pada tubuh. Rasa tenang itu bisa dihadirkan melalui berbagai macam aktivitas diantaranya adalah melakukan olahraga ringan seperti jalan santai, kegiatan berdoa dan meditasi, mengikuti kegiatan taichi yang berguna untuk mengontrol pernafasan, berlibur bersama keluarga,  atau bisa juga dengan  melakukan pemijatan relaksasi.




EmoticonEmoticon