Like Us

Ini dia Jenis Makanan Yang Jika Dikonsumsi Berlebihan Akan Berbahaya !

Makanan adalah hal penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Tanpa makanan yang cukup, tentunya tubuh kita tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari seperti bekerja, berolahraga atau melakukan berbagai macam aktivitas fisik lainnya. Pernahkah kita menyadari jika beberapa jenis makanan yang kita konsumsi bisa saja mengakibatkan penyakit bahkan dapat menjadi fatal jika dikonsumsi secara berlebihan? 

Berikut ini adalah daftar makanan yang bisa membuat kalian berfikir untuk selalu berhati-hati jika mengkonsumsinya secara berlebihan :

1. Keju




Keju adalah makanan yang perlu dibatasi untuk dimakan. Jika dimakan terlalu berlebihan, keju dapat membuat seseorang terkena kolestrol tinggi dan berakibat menurunnya kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan 140 mg kolestrol terdapat dalam 100g keju yang di konsumsi. Oleh karena itu, bagi seseorang yang senang dengan makanan ini, agar mengkonsumsinya tidak berlebihan.

2. Kepiting


Daging kepiting rebus yang dihidangkan dengan racikan bumbu yang pas, ditambah lagi aroma asli yang khas dari dagingnya, tentu  akan sangat menggugah selera seseorang untuk menikmatinya. Tapi tahukan anda, jika daging Kepiting adalah salah satu makanan penyumbang kolestrol yang cukup besar bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Ini dikarenakan setiap 100g daging yang dikonsumsi, akan menyumbang 150 mg kolestrol yang akan memiliki efek keracunan seperti pusing dan muntah-muntah bagi orang yang berlebihan mengkonsumsinya. Apabila hal ini terjadi, anda bisa meminum susu kaleng untuk menetralisir racun yang masuk kedalam tubuh.

3. Kerang 



Kerang merupakan makanan laut yang banyak kita temui di restoran-restoran penyedia makanan laut. Kerang juga merupakan jenis hewan yang sangat cepat menyerap polutan atau pencemaran yang ada di dalam laut berupa limbah-limbah yang secara sengaja atau tidak sengaja dibuang ke laut. Apabila kerang yang dikonsumsi diambil dari laut yang tercemar, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan. Pada beberapa kasus, banyak ditemukan daging kerang laut yang mengandung polutan berbahaya seperti merkuri atau logam berat, bakteri salmonella, bakteri vibrio vulnificus yang semuanya dapat menyebabkan penyakit serius seperti diabetes, jantung, gangguann pencernaan dan kekebalan tubuh.

4. Jeroan Hati 



Jeroan hati sapi yang saat ini juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat, merupakan makanan berkolestrol yang berbahaya untuk dikonsumsi bagi penderita kolestrol. Jeroan hati ini, memiliki 564 mg kolestrol untuk 100g hati. Seperti yang kita tahu, fungsi hati pada sapi, ayam, dan kambing memiliki fungsi yang sama pada liver manusia yaitu menyerap dan menyaring racun dalam darah. Bahaya yang ditimbulkan apabila mengkonsumsinya tentu memiliki kaitan dengan racun yang disaring oleh hati hewan yang dikonsumsi. Seseorang yang sering mengkonsumsi makanan ini akan menderita gangguan jantung, rematik atau peningkatan asam urat. 

5. Telur Ayam
 
 
Siapa sangka telur ayam juga merupakan makanan yang sangat berbahaya jika di konsumsi setiap hari. Kebanyakan Masyarakat sering mengolah telur ayam untuk dijadikan sarapan sertiap pagi dalam bentuk telur mata sapi atau telur dadar. Perlu diketahui, bahwa bagian kuning telur bisa memicu peningkatan kolestrol dalam tubuh seseorang. Seseorang yang memiliki kadar kolestrol tinggi dapat beresiko terserang stroke. Hal ini dikarenakan kolestrol yang ada didalam telur dapat menyumbat aliran darah dan memblokir kelancaran oksigen dalam darah untuk mengalir pada jaringan pembuluh darah. Bagi penderita bisul, hipertensi, dan asam urat, telur tentu perlu dihindari agar penyakit tidak bertambah parah. Telur sendiri memiliki kandungan kolestrol sebanyak 500 mg pada setiap 100g telur yang dikonsumsi.

Demikian artikel singkat tentang jenis makanan yang jika dikonsumsi berlebihan akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh kita. Untuk terhindar dari penyakit serius tentu kita perlu mengurangi makanan - makanan tersebut dan tetap selalu rutin berolahraga agar kita dapat selalu menjaga kesehatan tubuh kita.
First


EmoticonEmoticon